Tips Memilih Domain

Dalam membangun sebuah website yang namanya domain adalah hal yang sangat penting karena merupakan alamat dimana para pengujung bisa mengakses website kita. Memang terserah kita dalam memilih domain, akan tetapi perlu kecermatan untuk memilihnya agar website kita mudah diingat dan familiar dimata para pengujung. Berikut ini adalah tip untuk memilih dan membeli domain :



UTAMAKAN DOMAIN .COM
Mengamankan domain .com sangatlah penting. Apalagi untuk sebuah situs e-commerce berskala internasional. Mari menyimak produk besar seperti yahoo, google, ebay, maupun youtube.
Secara tidak sadar, kita pasti menambahkan .com di belakang masing-masing nama tersebut bukan? Tidak salah, karena memang .com sudah tercetak terlebih dahulu di mindset kita tanpa perlu menyebutkannya. Jadi, tidak peduli seberapa bagus domain .net .biz .in.us tetap amankan .com Anda. Bahkan produk sekuat kaskus.us pun telah mengamankan domain .com nya.

HINDARI TANYA (-) DASHES
Jika dalam tulisan memang tidak akan terlalu berpengaruh jika domain kita mengandung tanda dashes (-). Tapi dalam komunikasi verbal dan harus memberitahukan nama domain kita kepada klien tentu akan merepotkan. Contoh nyata pada kasus ini adalah portal IM3. saat itu memutuskan menggunakan domain http://www.m3access.com sebagai alternative karena situs utamanya adalah http://www.m3-access.com, tidak bagus dari segi viral marketing, atau marketing dari mulut ke mulut

HINDARI EJAAN YANG SUSAH

Perhitungkan cara lafal dan kemungkinan mistype dari target pengunjung website kita. Misalkan saja www.ewedlock.com, mungkin menjadi kurang tepat jika targe market adalah orang Indonesia. Sebab susah dieja dan dihafal oleh masyarakat yang kesehariannya bukan menggunakan bahasa Inggris. Sekali lagi, tidak bagus dari segi viral marketing, atau marketing dari mulut ke mulut.

SESUAI BIDANG USAHA
Memasukkan unsure produk kedalam domain bisa dibilang hal yang cerdas, karena akan mempermudah pengunjung untuk mengidentifikasi bahwa situs tersebut menyediakan apa yang mereka cari. http://www.ilmuwebsite.com adalah contohnya. Situs tersebut memang menyediakan ilmu/ pengetahuan tentang website.

SETIAP DOMAIN WAJIB DILENGKAPI DOMAIN MANAGER
Domain Manager berfungsi untuk menunjukkan kepemilikan dan hak akses terhadap suatu domain. Domain manager yang lengkap, minimal menyediakan hak akses sebagai berikut:

  • Mengubah name server
  • Mengetahui EPP key
  • Melakukan Move Service
  • Mengganti detil akun

DOMAIN DILENGKAPI FASILITAS YANG MENUNJANG
Dengan harga domain yang kita bayar seharusnya kita mendapatkan fasilitas yang kita harapkan untuk menunjang jalannya website kita. Beberapa fasilitas tersebut adalah

  • Free DNS : untuk mengaktifkan fitur mail server Google Apps, mengarahkan domain ke blogspot, atau mengarahkan domain ke server pribadi kita
  • Free Domain Forwarding : untuk melakukan pengarahan domain ke blog wordpress atau situs lainnya.
  • Free Email Forwarding : berfungsi untuk melakukan masking terhadap akun email yahoo, hotmail atau gmail kita ke akun email dengan nama domain kita. Sehingga seolah-olah nama domain kita memiliki alamat email sendiri.
  • Privacy Protection : berfungsi untuk merahasiakan identitas kita di situs mencarian semacan who.is. menghindarkan inbox kia dari SPAM dan pihak lain yang ingin membeli domain kita.

Semoga Tip-tip diatas bisa membantu Anda dalam memilih nama domain

4 Komentar:

purwanto mengatakan...

Sepakat nama domain memang berpengaruh cukup signifikan terhadap branding dan marekting
Salam kenal...

al-wildan blog mengatakan...

mulakne gawe domain sing penak... kaya domainku willyerr... utowo al-wildan... xixixixixixixi
tak entenei balesane kang...

mubaroki mengatakan...

ok2...
bner - bner - bner...

Relitekno mengatakan...

Mantep ni masukannya biar g salah pilih nama ^_^

Posting Komentar

Kalau merasa postingan ini bermanfaat, silahkan komen di bawah ini !!!

Pengikut

Rilis Sabily

Rilis Ubuntu

The next version of Ubuntu is coming soon

Nganjuk Online ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

KEMBALI KEATAS