Tidur Cukup kok Masih Ngantuk di Siang Hari?

Bagi sebagian orang, tidur cukup dapat bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh agar fit dalam menjalankan aktifitas. Kendati sudah tidur cukup, terkadang kita masih suka merasa mengantuk di siang hari.

Hal tersebut bukannya tanpa sebab. Pasalnya, ada perbedaan dalam gen mereka. Sehingga orang yang jam tidurnya sama memiliki kesegaran tubuh yang berbeda pada siang hari. Dalam jurnal American Academy of Neurology, gen yang disebut DQB1*0602 akan membuat pemilik tersebut mengalami narkolepsi atau sebuah gangguan tidur yang menyebabkan kantuk berlebihan pada siang hari.

Dikutip Science Daily, Jumat (29/10/2010), kesimpulan ini sendiri diambil setelah para ilmuwan dari University of Pennsylvania School of Medicine meneliti sampel pola tidur dan aktivitas sehari-hari dari 92 orang dewasa sehat yang tidak memiliki varian gen tersebut dan 37 orang dewasa sehat yang memiliki varian gen DQB1*0602 namun memiliki pola tidur yang sehat.

Pengujian dilakukan dengan cara, selama dua malam pertama, mereka menghabiskan 10 jam di tempat tidur dan beristirahat total. Namun lima malam berikutnya mereka hanya boleh tidur selama empat jam dalam semalam.

Hasilnya, mereka yang memiliki varian gen DQB1*0602 lebih mudah lelah ketika waktu tidurnya berkurang ataupun waktu tidurnya penuh. Sedangkan yang tidak memiliki gen ini, tidak mengalami gangguan yang sama.

Alasannya karena pemilik gen DQB1*0602 yang sebelum mengalami kekurangan tidur, akan terbangun paling sedikit lima kali dalam semalam. Sedangkan yang tidak memiliki gen ini, hanya terbangun dua sampai tiga kali saja.

"Varian gen ini bisa menjadi penanda biologis untuk memprediksi bagaimana seseorang merespons kondisi yang kurang tidur," kata ketua penelitian Namni Goel.

"Namun mereka yang memiliki dan tidak memiliki varian gen tersebut sama-sama mampu berkonsentrasi, mempunyai kualitas daya ingat yang sama, dan berusaha mengusir kantuk pada siang hari," tandasnya.

Sumber : okezone.com

Jadilah nomor satu untuk komentar

Posting Komentar

Kalau merasa postingan ini bermanfaat, silahkan komen di bawah ini !!!

Pengikut

Rilis Sabily

Rilis Ubuntu

The next version of Ubuntu is coming soon

Nganjuk Online ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

KEMBALI KEATAS